Sabtu, 13 Mei 2017

PROPOSAL KEWIRAUSAHAAN DAN TEKNOPRENEUR TUGAS Dr.Dirgantara Wicaksono, M.Pd

TUGAS MATA KULIAH KEWIRAISAHAAN DAN TEKNOPRENEUR
Image result for logo UMJ


“ MARTABAK UNYIL “YUMMY” ”
Dosen : Dr.Dirgantara Wicaksono, M.Pd

Disusun Oleh :
 Desi Azani Khairunnisa (2015820109)

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA
2017

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah segala puji kita panjatkan kepada Allah atas nikmat yang tak terhingga. Kami telah berusaha dengan kemampuan, tenaga, waktu, dan pikiran guna menghasilkan pembuatan rangka meningkatkan daya serap atau pemahaman mata pelajaran, khususnya mata kuliah Kewirausahaan dan Teknopreneur.  Berbicara rencana usaha atau rencana bisnis, usaha adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Dalam berusaha seseorang harus melakukan setiap usahanya dengan tekun agar kegiatan usaha yang di jalankan dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Rencana usaha berawal dari ide usaha, kemudian ide usaha tergantung dari kreativitas yang dimiliki oleh setiap orang, ide usaha juga timbul dari hobby dan minat setiap orang. Oleh karena itu, setiap orang yang ingin menjalankan usahanya maka harus sesuai dengan minat dan bakat yang di miliki dalam diri sendiri.
Semoga proposal sederhana ini dapat berguna dan bermanfaat bagi pembaca yang ingin terus mendalami bidang keilmuannya. Kami senantiasa menanti saran dan masukan demi perbaikan di masa dtang. Selamat belajar semoga Allah SWT meridhoi kita semua.








BAB I
PENDAHULUAN

A.                Latar Belakang
Dalam suatu pemasaran banyak sekali berbagai bentuk dan macam-macam aneka ragam makanan dari yang kecil dan hingga besar dan dari yang murah hingga sampai yang mahal. Dalam kebutuhan sehari-hari banyak sekali aktifitas yang dijalani dan juga pasti memiliki makanan yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh. Dengan makanan ini dilakukan dengan cara pembuatan yang sederhana dengan lebih baik dan higienis begitu juga harga terjangkau dan banyak pula masyarakat yg berminat untuk membelinya dengan rasa yang cukup enak,nikmat dan lezat. Oleh karena itu saya memilih jenis usaha yaitu “Martabak Unyil 1001” untuk dijual karena untuk memperkenalkan sajian terbaru dengan penuh kreatifitas,karena ini merupakan selingan dan baik untuk dikonsumsi.
B.                 Rancangan Kewirausahaan
Produk yg dijual adalah Martabak Unyil yang merupakan makanan selingan makanan sehari hari. Untuk harga perporsi  usaha ini sangat terjangkau dan relatif murah. Dalam  menjalankan  usaha  ini  kita harus mengetahui potensi pasar yang dijalani agar usaha yang dijalani dapat diterima oleh semua kalangan masyarakat (konsumen). Menentukan objek pasar dalam menjalankan usaha ini harus menentukan objek pasar dengan strategi yang mudah dijangkau oleh masyarakat (konsumen).
C.                Lokasi Pemasaran

Produk yang dijual adalah Martabak Unyil 1001 yang merupakan makanan selingan makanan sehari hari. Untuk harga perporsi  usaha ini sangat terjangkau dan relatif murah. Dalam  menjalankan  usaha  ini  kita harus mengetahui potensi pasar yang dijalani agar usaha yang dijalani dapat diterima oleh semua kalangan masyarakat(konsumen). Menentukan objek pasar dalam menjalankan usaha ini harus menentukan objek pasar dengan strategi yang mudah dijangkau oleh masyarakat (konsumen).


Tahap awal yang dilakukan dalam membangun usahanya yaitu dengan melakukan promosi melalui media komunikasi seperti SMS, BBM, SOCIAL MEDIA yang dikirim ke tiap orang-orang atau konsumen.  Sosialisasi dan promosi ini dilakukan satu minggu sebelum usaha dibuka. saya pun melakukan promosi dari mulut ke mulut agar lebih banyak lagi masyarakat yang mengetahui mengenai bisnis Martabak Unyil tersebut.







BAB II
PEMBAHASAN

A.                Analisis SWOT
Setiap kegiatan untuk memulai usaha saya harus mengukur kemampuan saya terhadap lingkungan atau pesaing yaitu melalui analisi SWOT.

1.                  Strength (kekuatan)
kekuatan dari produk ini ialah:
  • Menjual produk untuk semua kalangan masyarakat.
  • 1 (satu) produk terdiri dari beberapa macam rasa.
  • Bahan produk yg terjamin sehat dan hiegienis.

2.                  weakness (kelemahan)
Kelemahan dari produk ini ialah:
·         Tidak dapat tahan lama.
·         Produknya mudah ditiru
·         produk tidak terjual banyak.

3.                  Opportunity (peluang)
Peluangnya ialah :
·         Tempat strategis.
·         Fasilitas yang cukup memadai.

4.                  Threath (ancaman).
 Adanya pesaing yang menjual produk dengan harga yang tidak terlalu mahal.







B.                 Rancangan Biaya

Biaya dihitung sebagai berikut  :
-                     Terigu segitiga biru Boga Sari                                                        Rp. 10.000,-
-                     Telur 1 Kg                                                                                         Rp 12.000,-
-                     Garam                                                                                                            Rp. 1.000,-
-                     Fermipan                                                                                           Rp. 7.000,-
-                     Vanili                                                                                                 Rp. 2.000,-
-                     Soda Kue                                                                                           Rp. 8.000,-

Bahan Taburan :
-                     Keju                                                                                                    Rp. 18.000,-
-                     Oreo ( 2 bungkus )                                                                              Rp.  18.000,-
-                     Mesis                                                                                                    Rp. 10.000,-
-                     Coklat blok                                                                                          Rp. 25.000,-
-                     GreenTea                                                                                              Rp. 25.000,-
-                     Mentega (untuk polesan)                                                                     Rp. 6.000,-

Bahan Baku Tambahan :
-                     Kardus                                                                                                Rp.  3.000
-                     Plastik mika kecil                                                                                Rp. 12.000
-                     Plastik                                                                                                             Rp.  8.000
-                     Cetakan Martabak Mini                                                                      Rp. 32.000


Perhitungan Keuntungan :
1.                  Modal Bahan baku + Bahan Taburan + Bahan baku tambahan
( Rp. 46.000 + Rp. 102.000 + Rp. 55.000   =  Rp 203.000 )
2.                  Harga jual 1 box (isi 4): Rp. 25.000 x 17 porsi   = Rp.425.000
Harga Satuan :           Rp. 6.000



BAB III
PENUTUP

Demikianlah proposal bisnis ini saya buat. Semoga proposal ini dapat diterima dan dapat bermanfaat bagi kita semua. Tidak lupa kami mengucap syukur kepada Tuhan YME karena atas segala Rahmat dan Hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan proposal bisnis saya.
Semoga proposal ini dapat diterima oleh semua pihak karena proposal ini merupakan tahap awal kami dalam memulai usaha ini. Dengan selesainya proposal bisnis ini, kami berharap dapat segera mewujudkan usaha bisnis yang telah di rencanakan ini.
Segala saran dan kritik yang membangun sangatlah kami harapkan dari semua pihak, karena kami menyadari bahwa proposal saya masih jauh dari kata sempurna. Saran dan kritik tersebut semoga saja dapat menjadi acuan atau pelajaran bagi saya untuk dapat menjadi lebih baik lagi dihari esok. Atas segala waktu dan perhatiannya kami mengucapkan terima kasih











                     


Tidak ada komentar:

Posting Komentar